Kisah Barseso Wali Allah Sang Ahli Ibadah Wafat Dengan Keadaan Kafir

 

Ibnu Abbas R.A menceritakan abhwa ada seorang ahli zuhud yang bernama Barseso,ia beribadah selama 70 tahun,yang tidak pernah melakukan maksiat sedikitpun.Lalu Iblispun ingin menggoda dengan ilmu hilah atau ilmu rekayasa.
Maka,pada suatu saat ia mengumpulkan para pembesar setan lalu berkata:
"Adakah diantara kalian yang bisa merusak keimanan barseso?".
Lalu setan putih pun menjawab:
"Aku bisa merusak keimanannya".
Lalu setan putih pun berangkat ke tempat barseso dengan berpakaian seorang ulama,kemudian ia memanggilnya namun,barseso tidak menjawab.
     
    Barseso adalah seorang alim,waliyullah,ia mempunyai 60.000 murid dan mereka bisa terbang di udara dengan keberkahannya,tapi ia wafat dengan keadaan kafir.
                    نعوذ باالله من ذالك

   Pada mulanya ia beribadah kepada allah membuat kagum kepada para malaikat,lalu Allah S.W.T berfirman kepada Malaikat:
"Karena apakah kalian kagum kepadanya?sesungguhnya aku mengetahui apa yang kalian tidak ketahui  didalam ilmuku,bahwa ia(Barseso)akan wafat dalam keadaan kafir".
Lalu iblis mengetahui akan hal itu,kehancuran Barseso berada ditangannya.Barseso tidak berhenti beribadah kecuali  setiap 40 hari sekali.Tatkala setan putih tak mampu mengambil perhatian Barseso,maka ia berpura-pura sholat dan beribadah di dalam kuil tersebut.Setelah Barseso selesai mengerjakan sholat,ia pun melihat  setan putih itu beribadah dengan menggunakan pakaian ulama yang sangat baik.Lalu Barseso bertanya:
"Apakah kau tadi memanggilku?sementara aku sedang sibuk sholat,apa yang kamu perlukan?"
Lalu setan menjawab:
"Aku ingin bersamamu untuk mempelajari ilmu,meniru amalmu,dan beribadah denganmu supaya aku bisa mendo'akanmu dan kamu biasa mendo'akanku".
Lalu Barseso menjawab:
"Aku tidak bisa bersamamu,jika kamu mukmin maka kamu telah di do'akan olehku".Lalu Barseso melaksanakn sholat,dan setan pun sholat.Setelah itu ia tidak pernah menoleh ke arah setan tersebut selama 40 hari.
  
 Setelah melakukan sholat,ia pun melihat setan sholat dengan kesungguhannya maka ia berkata padanya:
"Apa yang kamu butuhkan?"
Setan menjawab:
"Aku ingin naik ke atas kuil bersamamu".Mereka berdua pun naik ke atas kuil dan beribadah,tidak berbuka,tidak berhenti kecuali setiap  40 hari sekali bahkan terkadang sampai 80 hari.Setelah melihat kesungguhan setan Barseso pun merasa kalah,dan rendah hati.Selesai melakukan sholat bersama Barseso ia pun berkata:
"Aku ingin pergi,karena saya mempunyai teman selain kamu,apa yang teman saya katakan tentangmu itu tidak sesuai dengan apa yang aku lihat".

   Barseso pun mersa kagum dengan ibadah setan tersebut,ia ingin berguru padanya.Ia pun meminta di ajarkan kepadanya tentang bagaimana ia bisa beribadah ke pada Allah dengan sangat baik.Setan pun berkata:
"Aku adalah ahli ibadah,aku akan menjadi penolong beribadah kepada Allah".
Lalu Barseso berkata:
"Aku berpuasa,makan dan minum sedangkan kamu tidak,aku beribadah selama 220 tahun(ada yang mengatakan 70 tahun) tapi tidak bisa tanpa makan dan minum lalu bagaimana aku bisa seperti anda?".
Setan pun menjawab:
"Pergilah bermaksiat,karena seungguhnya allah pasti menerima taubat dan kamu akan menikmati manisnya ketaatan".
Barseso pun berkata:
"Maksiat apa yang harus aku kerjakan sedangkan aku telah beribadah selama ini?".
Setan menjawab:
"Jika seorang manusia melakukan maksiat maka ia butuh dengan pemaafan Allah"
Barseso pun berkata lagi:
"Dosa mana yang harus aku lakukan?"
Setan pun menjawab:
"Hubungan diluar nikah!"
Barseso berkata:
"Tidak itu adalah dosa yang sangat besar!"
Lalu setan pun berkata lagi:
"Bunuhlah seorang mukmin!"
Karna Barseso ahli ibadah dan tahu ilmu fiqih maka ia menjawab:
"Tidak!itu adalah dosa yg sangat besar!"
Lalu setan berkata lagi:
"Yasudah,minum khamr!tidak perlu banyak cukup satu gelas saja,karena itu adalah dosa yang paling ringan,itu pun hanya Allah yang memusuhimu,dan langsung saja bertaubat kepada Allah".

   Setelah berfikir lama dan mempertimbangkan akhirnya ia memutuskan akan meminum khamr,karena yang ia pikir minum khamr adalah dosa yang ringan dan itupun hanya satu gelas saja.
Barseso pun berkata:
"Baiklah dimana aku bisa mendapatkan khamr"
Setan pun menjawab:
"Pergilah ke desa ****"(ia menunjukan desa tersebut)
 
  Ia pun pergi ke desa tersebut,ia melihat wanita cantik yang menjaga warung tersebut.Barseso pun meminum khamr satu gelas,karena sebelumnya ia belum pernah mabuk,oleh satu gelas pun ia kehilangan kesadaran diri,dan memperkosa wanita tersebut.Sang suami dari wanita tersebut datang dan membawa pedang yang diarahkan kepada dia(Barseso),ia pun memberikan perlindungan diri dan membunuh si suami wanita itu.
Kemudian setan pun berubah menjadi manusia dan membawakan berita tentang pembunuhan itu kepada raja.Raja itu pun,menangkap dan mengadilinya,menghukum cambuk 80 kali karena telah meminum kamr,dicambuk 100 kali karena memperkosa wanita dan dihukum salib karena telah menghilangkan nyawa.

  Tatkala sudah disalib datanglah setan tersebut dalam wujud manusia,lalu berkata:
"Bagaimanakah aku melihat kondisimu?"
Lalu dijawab oleh Barseso:
"Siapapun yang mengikuti teman yang buruk maka akan seperti ini"
Sang setan pun berkata:
"Kau beribadah selama itu,lalu aku menyalibmu,seandainya kamu mau maka aku akan menurunkanmu"
Barseso pun menjawab:
"Baiklah aku akan menuruti apa keinginanmu"
Setan pun berkata lagi:
"Sujudlah kepadaku"
Baseso pun menjawab:
"Bagaimana aku bisa sujud?"
Iblis pun menjawab:
"Cukup dengan isyarat saja"

  Maka Barseso pun melakukan hal 
tersebut dan menjadikna nya kafir                           نعوذ باالله من ذالك
Lalu setan pun berkata:
"Sesungguhnya aku berlepas diri darimu dan aku takut kepada Allah tuhan semesta alam"(Q.S Al-Hasyr:16).



Ya allah jadikanlah keimanan kami sebagai pelita dan jangan engakau jadikan sebagai istidraj    امين

Komentar

Postingan Populer